Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

PromosiMeniti Jalan Terakhir menuju Paris

Revitalisasi kawasan Keraton Solo akan dimulai dari Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan yang direncanakan dimulai pada Oktober 2023 mendatang dan ditargetkan selesai pada Juni 2024.

Revitalisasi Keraton Solo akan menelan anggaran sekira Rp35 miliar yang bersumber dari dana APBN tahun 2023 dan 2024 Kementerian PUPR. Untuk mendukung revitalisasi tersebut, kawasan Alun-alun Utara dan Selatan akan disterilkan dari PKL.

Pada tahap awal revitalisasi Keraton Surakarta akan menyasar di titik Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Selanjutnya, sesuai dengan kerabat keraton agar revitalisasi dilanjutkan ke bagian dalam salah satunya Sangga Buwana.

Sejumlah warga melintasi bangunan yang rubuh di kawasan Keraton Solo di Jl. Sasono Mulyo, Solo, Rabu (2/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Sejumlah warga menimakmati berbagai jajanan di kawasan Alun-alun Selatan, Solo, Rabu (2/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi