Solopos.com, KLATEN – Umat Hindu Klaten menggelar upacara Melasti di Umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (20/2/2022). Upacara itu digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi yang tahun ini jatuh pada Kamis (3/3/2022).

PromosiEra Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Upacara melasti merupakan upacara pengambilan tirta suci di dasar samudera atau sumber mata air. Upacara itu dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya.

 

Umat Hindu membawa sesaji untuk upacara Melasti di di Umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (20/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Baca Juga: Situs Watu Gentong, Jejak Peradaban Umat Hindu di Kragilan Boyolali

Pada upacara ini dibersihkan pula sarana prasarana atau peralatan upacara. Peralatan itu yang akan digunakan pada persembahyangan Nyepi pada acara Tawur Agung. Sejak 2006, Umat Hindu Klaten menggelar upacara Melasti di Umbul Geneng.

Lantaran masih pandemi Covid-19, upacara digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jumlah umat Hindu yang mengikuti upacara dibatasi maksimal hanya 300 orang. Selama dua tahun terakhir, tak ada kirab pada upacara Melasti.

 

Upacara Melasti digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi yang tahun ini jatuh pada Kamis (3/3/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Pemuka agama Hindu memimpin upacara Melasti di Umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (20/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi