Solopos.com, JEPARA — Warga Kelurahan Demaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri dalam menyambut Syawalan Lebaran Ketupat 2022 dengan cara menggelar lomba panjat pinang di laut, Senin (9/5/2022).

PromosiMendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Lomba panjat pinang yang digelar di Pantai Muara Indah di Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara itu, merupakan acara puncak setelah warga desa setempat sebelumnya menggelar aneka perlombaan, mulai dari lomba makan krupuk, balap karung, balap kelereng serta lomba menangkap bebek di laut.

 

Warga mengibarkan bendera Merah Putih saat mengikuti lomba Panjat Pinang di kawasan pantai Kelurahan Demaan, Jepara, Jawa Tengah, Senin (9/5/2022). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Baca Juga: Perayaan Syawalan, Ini Foto-Foto Tradisi Bakdan Sapi di Musuk Boyolali

Aneka perlombaan, termasuk panjat pinang di laut digelar setiap tahun untuk menyambut perayaan Syawalan Lebaran Ketupat serta untuk menjalin kebersamaan dan menghibur warga.

 

Panjat Pinang tersebut untuk memeriahkan tradisi Syawalan atau Lebaran ketupat. (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Lomba tersebut untuk menjalin kebersamaan sekaligus memberikan hiburan warga. (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi