Solopos.com, TEMANGGUNG — Wisatawan mencoba membuat cerutu di pabrik cerutu Rizona Temanggung, Jawa Tengah Rabu (22/11/2023).

PromosiSantri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Pemerintah setempat menjadikan pabrik cerutu yang telah beroperasi sejak tahun 1910 dan masih beroperasi menggunakan alat-alat tradisional tersebut sebagai salah satu tujuan wisata sejarah di Kabupaten Temanggung.

Cerutu yang diproduksi pabrik cerutu Rizona di Temanggung cukup terkenal bahkan pemasarannya hingga ke luar negeri. Pabrik itu didirikan oleh Hoo Tjong An itu terletak di Jalan Diponegoro No 27, Gendongan, Temanggung dan mempekerjakan masyarakat di sekitar pabrik. Pabrik yang telah berumur 1 abad lebih itu saat ini dipegang generasi ketiga, Mulyadi Hartono.

Wisatawan yang berkunjung ke pabrik tersebut bisa melihat langsung proses pembuatan cerutu, mulai proses fermentasi di gudang yang memakan waktu setidaknya satu tahun, seleksi daun tembakau yang sudah terfermentasi, dan proses demi proses lanjutan, hingga akhirnya menjadi cerutu yang siap dikemas.

Wisatawan mencoba membuat cerutu di pabrik cerutu Rizona Temanggung, Jawa Tengah Rabu (22/11/2023). (Antara/Anis Efizudin)

 

Pemerintah setempat menjadikan pabrik cerutu yang telah beroperasi sejak tahun 1910 dan masih beroperasi tersebut sebagai salah satu tujuan wisata sejarah di Kabupaten Temanggung. (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi