Solopos.com, YOGYAKARTA — Sejumlah abdi dalem Keraton Yogyakarta mengikuti prosesi wisuda di Bangsal Magangan, Kompleks Keraton Yogyakarta, DI Yogyakarta, Selasa (23/5/2023).

PromosiKisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Dalam acara itu sekitar 300 abdi dalem Punokawan (masyarakat umum) dan Keprajan (pejabat) menerima serat kekancingan atau surat keputusan mengangkat abdi dalem baru, serta menaikkan pangkat.

Dalam setahun, Wisudan Abdi Dalem biasanya diadakan pada bulan Syawal dan Bakda Mulud.

Dalam memutuskan kenaikan pangkat abdi dalem, pihak Keraton Yogyakarta akan dinilai mengenai rajin atau tidaknya seorang abdi dalem untuk sowan ke keraton, memiliki konduite yang baik, dan rajin dalam melaksanakan tugasnya. Bagi abdi dalem yang jarang sowan ke karon maupun tidak menjalankan tugas dengan baik bisa saja akan ditunda kenaikan jabatannya.

 

Abdi dalem Keraton Yogyakarta memegang serat kekancingan usai prosesi wisuda di Bangsal Magangan, Kompleks Keraton Yogyakarta, DI Yogyakarta, Selasa (23/5/2023). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

 

Sekitar 300 abdi dalem punokawan (masyarakat umum) dan keprajan (pejabat) menerima serat kekancingan atau surat keputusan mengangkat abdi dalem baru, serta menaikkan pangkat. (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi