Solopos.com, ACEH BARAT — Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menempatkan 69 orang Imigran etnis Rohingya yang terdampar di perairan Samudra Hindia di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Barat.

PromosiAntara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Sebelumnya puluhan imigran Rohingya tersebut rencananya akan ditampung di bangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Desa Gampong Beureugang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat namun mendapat penolakan dari warga.

Penempatan etnis Rohingya tersebut didasarkan atas rasa kemanusiaan, setelah sebelumnya mereka mengalami musibah di perairan Aceh Barat akibat kapal yang ditumpangi terbalik dan berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (21/3/2024).

Penampungan sementara etnis Rohingya tersebut dilakukan dalam waktu sementara dan belum bisa dipastikan jangka waktunya, mengingat saat ini pemerintah daerah masih terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat terkait penanganan pengungsi Rohingya.

Personel TNI AL dan Basarnas membopong Imigran etnis Rohingya saat tiba di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (21/3/2024). (Antara/Syifa Yulinnas)

 

Sejumlah imigran etnis Rohingya mendapat pemeriksaan kesehatan saat tiba di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (21/3/2024). (Antara/Syifa Yulinnas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi