Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah menteri, gubernur, dan duta besar negara sahabat beraksi di catwalk memperagakan busana batik di hadapan Presiden Joko Widodo dalam parade Istana Berbatik yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

PromosiLiga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Istana Berbatik menampilkan fashion show yang akan dibawakan oleh 506 peraga di antaranya para menteri dan wakil menteri beserta pasangan, gubernur dari seluruh provinsi, duta besar negara sahabat, perwakilan BUMN, perwakilan dari Keraton Yogyakarta, Solo, dan Cirebon, model profesional serta public figure tersebut untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober.

Presiden mengajak masyarakat di seluruh Tanah Air untuk ikut serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang dimiliki Indonesia. Pagelaran busana itu disebut Jokowi diselenggarakan untuk menunjukkan kebanggaan bangsa Indonesia terhadap batik.

Perhelatan ini diharapkan pula dapat mendukung para desainer lokal sekaligus mempromosikan kekayaan budaya Indonesia untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan peragaan busana batik dalam acara Istana Berbatik di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Antara/Sigid Kurniawan)

 

Mendagri Tito Karnavian (kiri) dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan busana batik bergaya di atas catwalk dalam acara Istana Berbatik di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Istimewa/Dokumentasi Kemenparekraf)

 

Sejumlah perwakilan negara sahabat berjalan di catwalk saat parade Istana Berbatik di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi