Solopos.com, BOYOLALI — Umat Hindu di lereng Gunung Merapi tepatnya di Dusun Wonodadi, Karanganyar, Tamansari, Boyolali tengah mempersiapkan pembuatan ogoh-ogoh. Pembuatan ogoh-ogoh ini dilakukan di Pura Bhuana Puja oleh pemuda Hindu yang berada di dusun tersebut.

Promosi204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Pembuatan ogoh-ogoh setinggi sekitar tiga meter tersebut dalam rangka melaksanakan upacara Tawur Agung yang jatuh sehari sebelum perayaan Nyepi, yaitu Rabu (2/3/2022). Ogoh-ogoh akan dibakar pada Rabu malam di sekitar Pura Bhuana Puja, Boyolali.

 

Umat Hindu di Boyolali membuat ogoh-ogoh untuk upaacara Tawur Agung di Dusun Wonodadi, Karanganyar, Tamansari, Boyolali, Jumat (25/2/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Baca Juga: Umat Hindu Menahan Rindu Kemeriahan Melasti di Umbul Geneng Klaten

Ogoh-ogoh menggambarkan sebagai personifikasi dari sifat angkara murka atau sifat-sifat yang buruk. Untuk menyambut Hari Raya Nyepi, di pengujung tahun Saka, umat Hindu harus melepaskan hal-hal buruk yang telah dilakukan selama satu tahun.

 

Pembuatan ogoh-ogoh setinggi sekitar tiga meter tersebut dalam rangka melaksanakan upacara Tawur Agung. (Solopos/Ni’matul Faizah)

 

Ogoh-ogoh akan dibakar pada Rabu malam di sekitar Pura Bhuana Puja, Boyolali. (Solopos/Ni’matul Faizah)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi