Solopos.com, JAKARTA — Jembatan penyeberangan orang (JPO) Pinisi dirancang dengan konsep modern dan terbuka diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis (10/3/2022).

PromosiSantri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Selain difungsikan untuk penyeberangan orang dan jembatan, kemudian untuk sepeda. Didesain terbuka agar lebih terbuka (udaranya), jembatan ini juga dibangun sebagai monumen penghargaan bagi 37 tenaga kesehatan yang gugur saat menghadapi pandemi Covid-19.

 

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/3/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

Sejumlah warga menikmati suasana di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/3/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

Baca Juga: Sempat Ambruk, Jembatan Gantung Tambakboyo Sukoharjo Kini Bisa Dilalui

Fasilitas lift dalam JPO juga dapat mengangkut delapan sepeda sekaligus pengendara, maupun penyandang disabilitas yang membutuhkan serta dilengkapi bike lounge.

Di tengah JPO terdapat ruang berkumpul bertema Kapal Pinisi masyarakat Anjungan Pandang Jakarta.

JPO ini juga dilengkapi kamera tersembunyi dan sensor beban pada anjungan untuk keamanan.

 

Selain menjadi fasilitas penyeberangan jalan, jembatan yang terdapat tulisan 37 nama tenaga kesehatan yang gugur akibat Covid-19 tersebut kini menjadi destinasi wisata warga di Jakarta. (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

Pengendara sepeda memanfaatkan fasilitas lift di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/3/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi