Solopos.com, BOGOR — Peternak merawat ayam cemani atau ayam kedu (Gallus gallus domesticus) di Peternakan Kandang Cemani Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6/2021).

PromosiAyo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ayam cemani jantan dan betina dewasa yang seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam legam oleh peternak ditawarkan dengan harga antara Rp6 juta hingga Rp10 juta sepasang, sedangkan anak ayam dijual Rp1 juta sepasang dan telur Rp100.000 perbutir serta telah dipasarkan ke seluruh Indonesia.

 

Warga menunjukkan sepasang ayam cemani atau ayam kedu (Gallus gallus domesticus) di Peternakan Kandang Cemani Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6/2021). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

 

Baca Juga: Pemuda Klaten Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan Gegara Ternak Ayam Hias

Ayam cemani merupakan ayam ras lokal yang memiliki ciri khas hitam dan gelap dari mulai bulu, mata, paruh, jengger, kaki, kuku-kuku, hingga organ dalam.

Di balik dagingnya yang hitam, ayam cemani memiliki kadar protein yang tinggi ditambah dengan kadar lemak dan kolesterol yang sangat rendah.

Ayam cemani juga sangat lekat dengan mistis dan sering digunakan untuk ritual. Selain itu, beberapa orang percaya jika ayam cemani itu membawa keberuntungan.

 

Peternak mengecek kondisi telur ayam cemani yang ditetaskan menggunakan alat di Peternakan Kandang Cemani Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6/2021). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

 

Ayam cemani jantan dan betina dewasa yang seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam legam tersebut oleh peternak ditawarkan dengan harga antara Rp6 juta hingga Rp10 juta sepasang. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi