Solopos.com, SITUBONDO — Petugas melepasliarkan indukan jantan banteng Jawa (Bos javanicus) ke dalam penangkaran di Taman Nasional (TN) Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).

PromosiNusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Balai Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo Jawa Timur menambah indukan jantan banteng yang didatangkan dari Taman Safari Indonesia II Prigen dalam upaya pengembangbiakan secara semialami serta menambah populasi banteng Jawa guna mencegah kepunahan.

Pelepasan banteng yang diberi nama Dimas dari lembaga konservasi Taman Safari Indonesia II Prigen tersebut akan dijadikan sebagai pejantan unggul bagi lima ekor banteng betina di suaka satwa banteng Taman Nasional Baluran sekaligus untuk memperkaya gen banteng Jawa yang saat ini populasinya sekitar 211 ekor di alam liar.

Banteng yang diserahkan oleh Taman Safari Indonesia II Prigen itu merupakan banteng jantan keturunan dari indukan betina bernama Dini dan indukan jantan bernama Matos dan lahir pada 22 Agustus 2017.

Banteng Jawa (Bos javanicus) berada di dalam penangkaran di Taman nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).(Antara/Budi Candra Setya)

 

TN Baluran mendatangkan indukan jantan dari Taman Safari Prigen untuk memperkaya gen banteng Jawa yang saat populasinya sekitar 211 ekor di alam liar. (Antara/Budi Candra Setya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi