Solopos.com, KEDIRI —Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI melakukan ekskavasi di situs yang ditemukan di kawasan proyek pembangunan Bandar Udara Dhoho Kediri, tepatnya di Dusun Tanjung, Desa/Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

PromosiAlarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Tim arkeolog mendapati struktur batu yang memanjang dari utara ke selatan di daerah tersebut.

Situs patirtaan yang diperkirakan peninggalan masa klasik Hindu-Buddha era Kerajaan Kadiri atau Majapahit itu seluas 12 meter x 12 meter.

Tim arkeolog menyatakan periodisasi patirtan tersebut belum bisa dipastikan, tetapi ukuran batu bata yang panjangnya 33 cm dan lebarnya 22 cm di struktur itu umum digunakan pada zaman kerajaan Kadiri ataupun Majapahit.

Petugas membuat sketsa struktur bangunan kuno saat ekskavasi situs di Desa Grogol, Kediri, Jawa Timur, Selasa (24/10/2023). (Antara/Prasetia Fauzani)

 

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jawa Timur melakukan ekskavasi situs pentirtaan yang diperkirakan peninggalan masa klasik Hindu-Budha era Kerajaan Kadiri atau Majapahit. (Antara/Prasetia Fauzani)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi