Solopos.com, ACEH BESAR — Sebanyak 135 orang rombongan imigran Rohingya kembali mendarat di Dusun Blang Ulam Desa Lamreh, Aceh Besar, Aceh, Minggu (10/12/2023) sekitar pukul 02.30 WIB.

PromosiPramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Pada Minggu (10/12/2023) terdapat dua rombongan pengungsi Rohingya dengan total 315 orang yang mendarat di Aceh terdiri 180 orang di Pidie dan 135 di Aceh Besar.

Sebagai informasi bahwa kedatangan pengungsi Rohingya pada Minggu dini hari tersebut merupakan gelombang ke-9 ke Aceh sejak November 2023.

Berdasarkan data UNHCR selama 2023 sudah lebih dari 1.800 orang pengungsi Rohingya masuk ke Indonesia lewat Aceh yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan mereka berstatus warga tanpa negara (stateless) karena terusir akibat konflik di Myanmar.

Titik yang didatangi imigran tersebut yakni di Kabupaten Pidie terjadi empat gelombang, Bireuen dan Aceh Timur masing-masing satu gelombang, Kota Sabang dua gelombang dan terakhir di Aceh Besar satu gelombang.

Personel Polresta Banda Aceh, Polairud Polda Aceh, dan aparatur Pemkab Aceh Besar mengumpulkan dan mendata para imigran Rohingya yang terdampar di pesisir pantai Lamreh, Aceh Besar, Aceh, Minggu (10/12/2023). (Antara/Irwansyah Putra)

 

Warga melihat kapal kayu yang ditumpangi imigran Rohingya hingga terdampar di pesisir pantai Lamreh, Aceh Besar, Aceh, Minggu (10/12/2023). (Antara/Irwansyah Putra)

 

Petugas United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) bersama personel Imigrasi melakukan pendataan terhadap imigran Rohingya yang terdampar di pesisir pantai Lamreh, Aceh Besar, Aceh, Minggu (10/12/2023). (Antara/Irwansyah Putra)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi