Solopos.com, SOLO — Warga berebut gunungan estri saat Tradisi Grebeg Besar di depan Kori Kamandungan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Selasa (18/6/2024).

PromosiKeturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Tradisi yang digelar oleh Keraton Solo tersebut sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME saat perayaan Iduladha 1445 H sekaligus sebagai upaya pelestarian budaya.

Pada grebeg tersebut diarak dua gunungan yakni gunungan jaler dan gunungan estri dan diperebutkan di Masjid Agung Keraton dan Kori Kamandungan.

Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan saat perayaan Grebeg Besar menuju Masjid Agung Keraton Solo, Selasa (18/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Warga menunjukan rengginang yang didapat usai berebut gunungan estri saat perayaan Grebeg Besar di depan Kori Kamandungan Keraton Solo, Selasa (18/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Abdi dalem mengusung gunungan Grebeg Besar tiba di Masjid Agung Keraton Solo, Selasa (18/6/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)
Prosesi doa oleh ulama yang dihadiri oleh pengageng dan abdi dalem Keraton Solo di Serambi Masjid Agung saat rangkaian Grebeg Besar Iduladha 1445H/2024, Selasa (18/6/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi