Solopos.com, BLITAR — Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur menggelar upacara dan kirab tradisi Bedhol Pusaka Nagari di halaman Museum Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022) malam.

PromosiUniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Tradisi Bedhol Pusaka Nagari yang dirangkai dengan pawai lampion yang diikuti oleh sejumlah warga tersebut digelar jelang peringatan Hari Lahir Pancasila.

 

Budayawan menyerahkan lambang Garuda Pancasila saat upacara tradisi Bedhol Pusaka Nagari di halaman Museum Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022) malam. (Antara/Irfan Anshori)

 

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: 1 Juni 1945 Hari Lahir Pancasila

Kegiatan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini kembali digelar secara terbuka setelah sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan pawai lentera itu, setiap kelompok juga berkreasi membawa lentera dengan beragam model. Ada juga yang berbentuk seperti replika burung Garuda, dan beragam bentuk lainnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni digelar di sejumlah lokasi termasuk area Istana Gebang, rumah masa kecil Presiden Soekarno hingga Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan.

 

Peserta kirab membawa pusaka dan foto Presiden Soekarno saat upacara tradisi Bedhol Pusaka di halaman Museum Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022) malam. (Antara/Irfan Anshori)

 

Warga membawa lampion lambang Pancasila saat upacara tradisi Bedhol Pusaka di halaman Museum Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022) malam. (Antara/Irfan Anshori)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi