Solopos.com, KARANGANYAR  Hamparan hijau kebun teh di Dusun Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyejukkan mata. Kawasan kebun teh Kemuning menjadi tempat wisata favorit yang menyuguhkan pemandangan alam indah dan sejuk untuk melepaskan kepenatan dan kebisingan kota.

PromosiYos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Geliat wisata perkebunan teh di kawasan Lereng Gunung Lawu itu kini tumbuh pesat. Berbagai spot-spot baru bermunculan mulai kafe, glamping, jembatan goyang atau gantung, ayunan, kubah view, kursi gantung dan lainnya.

Kawasan tersebut kini telah menjelma menjadi destinasi wisata favorit. Terlebih sejak Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills beroperasi 1 Januari 2023 lalu. Wisata Kemuning kini tak pernah sepi, ribuan pengunjung dari berbagai daerah terus berdatangan. Tak hanya wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

Dengan menggeliatnya wisata di daerah tersebut juga berdampak postif bagi warga. Masyarakat kini memiliki pendapatan di atas rata-rata upah minimum kabupaten (UMK). Selain itu di wilayahnya tak lagi ada warga yang menganggur. Mereka berkerja dari meningkatnya kunjungan wisata dengan membuka lapak kios, menjadi juru parkir, mengelola jeep, mengelola wisata, pelaku UMKM dan lainnya.

Wistawan duduk menikmati kuliner di area wisata Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills, Ngargoyoso, Karanganyar, Minggu (16/6/2024). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)
Kawasan kebun teh Kemuning menjadi tempat wisata favorit yang menyuguhkan pemandangan alam indah dan sejuk untuk melepaskan kepenatan dan kebisingan kota. (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi