Solopos.com, KLATEN — Pengunjung berebut gunungan apam dan uang udik-udik saat rangkaian kirab Tradisi Padusan Merti Rogo di Obyek Mata Air Cokro (OMAC), Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (10/3/2024).

PromosiMendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Rangkaian tradisi itu diawali dengan kirab 21 kendi dari jembatan di pintu masuk OMAC hingga saluran air di destinasi wisata tersebut.

Air yang dibawa menggunakan kendi itu berasal dari 21 sumber mata air di Klaten di antaranya Umbul Pluneng, Brintik, Brondong, Geneng, Pengilon, Susuhan, Gedaren, Jolotundo, Nilo, Pelem, Kapilaler, Ponggok, Ingas, Sigedang, Lumban Tirto, Besuki, Manten, Sinongko, Sri Sidomulyo, Gotan, serta Balong.

Tradisi Padusan Merti Rogo tersebut dilakukan untuk membersihkan raga dan jiwa menyambut bulan suci Ramadan.

Sejumlah anak membawa kendi berisi air dari 21 sumber mata air saat prosesi Tradisi Padusan Merti Rogo di Obyek Mata Air Cokro (OMAC), Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (10/3/2024). (Antara/Aloyisus Jarot Nugroho)

 

Sejumlah pengunjung mandi di aliran sumber mata air Obyek Mata Air Cokro (OMAC), Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (10/3/2024). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi