Solopos.com, CHINA — Pesta olahraga Asian Games ke-19 terbesar dalam sejarah resmi berakhir menyusul upacara penutupan di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Minggu (8/10/2023).

PromosiVonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Asian Games resmi ditutup ketika pembawa obor digital memadamkan kaldron di Hangzhou Olympic Stadium. Penutupan dimeriahkan pertunjukan warna-warni laser dan video mapping di gedung pencakar langit di China.

Setelah sempat tertunda satu tahun karena pandemi, Asian Games akan kembali ke siklus empat tahunan dengan edisi berikutnya bertempat di Nagoya, Jepang pada 2026.

Panitia penyelenggara Asian Games ke-19 dan OCA telah menyerahkan secara simbolis obor pertama dan bendera Asian Games ke Gubernur Prefektur Aichi Hideaki Omura dan Wakil Walikota Nagoya Hideo Nakata pada upacara penutupan malam itu.

China keluar sebagai juara umum dengan perolehan spektakuler 201 medali emas, 111 perak dan 71 perunggu. Jepang berada di peringkat dua tabel perolehan medali dengan 52 emas, 67 perak dan 69 perunggu.

Sementara Indonesia menyudahi kiprahnya di Hangzhou dengan torehan 7 emas, 11 perak dan 18 perunggu menempati peringkat ke-13 di atas Malaysia.
Di level Asia Tenggara, Thailand masih menjadi yang terbaik dengan 12 emas, 14 perak dan 32 perunggu.

Suasana pertunjukan laser saat upacara penutupan Asian Games 2022 di kawasan Hangzhou Olympic Sports Centre, Hangzhou, China, Minggu (8/10/2023). (Antara/Hafidz Mubarak A)

 

Ketua Kontingen atau CdM Indonesia di Asian Games 2022, Basuki Hadimuljono (kedua kiri) memimpin defile atlet pada penutupan Asian Games 2022 di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Minggu (8/10/2023). (Antara/M Risyal Hidayat)

 

Warga menyaksikan video mapping di gedung-gedung tinggi saat upacara penutupan Asian Games 2022 di Hangzhou, China, Minggu (8/10/2023). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi