Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga dan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berebut gunungan saat perayaan Tradisi Grebeg Pasa di halaman keraton setempat, Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/4/2023).

PromosiOngen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Tradisi Grebeg Pasa tersebut digelar sebagai wujud syukur Keraton Solo atas segala limpahan rejeki dan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa setelah selesai menjalankan puasa Ramadan.

Ada dua gunungan yang dikirab dalam Grebeg Pasa dari Keraton Solo menuju Masjid Agung Solo yakni gunungan estri (perempuan) dan gunungan jaler (laki-laki).

Masyarakat beramai-ramai berebut gunungan yang telah dikirab dari Kori Kamandungan menuju Masjid Agung Keraton Solo. Setiba di masjid, gunungan dan beberapa makanan yang dibawa oleh para abdi dalem didoakan. Doa dipimpin Kiai Pengulu Tafsir Anom Masjid Agung Solo, Muhtarom.

 

Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan saat perayaan Tradisi Grebeg Pasa dari kawasan keraton menuju Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/4/2023). (Antara/Maulana Surya)

 

Tradisi Grebeg Pasa tersebut digelar sebagai wujud syukur keraton setempat atas segala limpahan rejeki dan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa setelah selesai menjalankan puasa Ramadan. (Antara/Maulana Surya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi