Solopos.com, BANTUL — Puluhan selang air untuk mengalirkan air bersih menuju rumah warga dari Sendang Padukan, Kalidadap, Selopamioro, Bantul, DI Yogyakarta.

PromosiYos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sendang Padukan menjadi salah satu sumber air yang menghidupi lebih 50 keluarga warga Kalidadap 1 saat musim kemarau berlangsung.  Lebih dari 40 tahun warga bergantung pada air sendang ketika musim kemarau dengan memasang selang air untuk mengalirkan air menuju rumah untuk kebutuhan rumah tangga.

Warga setempat harus berjuang mendapatkan air bersih dengan cara menyedot dengan mulut agar air dari sendang bisa mengalir ke rumah mereka.

Dalam pengambilan air tersebut terdapat waktu dan jadwal yang diatur oleh warga agar tidak berebut dan menimbulkan konflik sehingga dalam pengambilan air juga harus dilakukan secara bersama-sama.

Warga antre untuk mengalirkan air menggunakan selang menuju rumah di Sendang Padukan, Dukuh Kalidadap, Selopamioro, Bantul, Sabtu (23/9/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Sendang Padukan menjadi salah satu sumber air yang menghidupi lebih 50 keluarga warga Kalidadap 1 saat musim kemarau berlangsung. (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Warga setempat harus berjuang mendapatkan air bersih dengan cara menyedot dengan mulut agar air dari sendang bisa mengalir ke rumah mereka. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi