Solopos.com, SEMARANG — Suasana keramaian aktivitas jual beli berbagai jenis hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba di Pasar Hewan Pon Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (10/6/2024).

PromosiAlarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Pasar yang buka setiap hari Pon dalam penanggalan Jawa tersebut mulai mengalami peningkatan permintaan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah

Menurut pengelola pasar, penjualan sapi, kambing dan domba untuk kurban meningkat sekitar 30%. Selain itu jumlah pedagang yang membawa hewan ke pasar tersebut meningkat yakni 500 ekor sapi dan 800 ekor kambing dan domba.

Pedagang yang datang ke pasar tersebut di antaranya dari Salatiga, Boyolali, Sragen, Kendal, Wonosobo, dan sekitarnya.

Menurut pedagang, menjelang Iduladha harga hewan kurban naik rata-rata Rp1-2 juta/ekor. Harga kambing untuk ukuran 25-35 kg dijual antara Rp2-4 juta/ekor, sementara sapi dengan berat 350-500 kg dikisaran harga Rp21-26 juta.

 

Pasar hewan Ambarawa merupakan pasar ternak yang buka hanya setiap hari Pon pada penanggalan Jawa (Pasaran Pon). (Antara/Aji Styawan)

 

Pedagang melakukan transaksi jual beli kambing dengan pembeli di Pasar Hewan Pon Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (10/6/2024). (Antara/Aji Styawan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi