Solopos.com, BOGOR — Warga menyalakan Kuluwung (meriam karbit) pada Pesta Rakyat Festival Kuluwung Bedug di kawasan perbukitan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023).

PromosiStrategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pesta rakyat tersebut telah ada sejak tahun 1967 itu merupakan tradisi setelah Lebaran. Festival itu sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar desa serta sebagai pelestarian budaya asli Sunda dan hiburan rakyat.

Pada tradisi tersebut warga mengeluarkan puluhan meriam karbit yang terbuat dari batang pohon berukuran besar dengan panjang bervariasi.

 

Kemeriahan pesta rakyat Kuluwung Sunda di kawasan perbukitan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

 

Pesta Rakyat Festival Kuluwung yang telah ada sejak tahun 1967 itu diselenggarakan setelah Lebaran sebagai ajang silaturahmi antar desa. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi