Solopos.com, TEMANGGUNG — Sesepuh adat mengambil air suci saat tradisi Grebeg Satu Suro Open Lepen di kawasan lereng Gunung Sindoro Dusun Jumprit, Tegalrejo, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (19/7/2023).

PromosiTragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Tradisi Open Lepen yang berarti merawat sungai itu rutin dilakukan setiap tahun baru Jawa atau satu Suro yang dilaksanakan dengan kirab keliling dusun, doa bersama, dan grebeg gunungan. Ritual tersebut sebagai permohonan kepada Tuhan YME agar selama satu tahun ke depan diberi kesuksesan, kelancaran, dan kesejahteraan.

Warga berebut gunungan palawija saat Grebeg Satu Suro Open Lepen di kawasan lereng Gunung Sindoro Dusun Jumprit, Tegalrejo, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (19/7/2023). (Antara/Anis Efizudin)

 

Sesepuh adat memimpin doa bersama saat tradisi Grebeg Satu Suro Open Lepen di kawasan lereng Gunung Sindoro Dusun Jumprit, Tegalrejo, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (19/7/2023). (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi