Solopos.com, SOLO — Tamu undangan dari sejumlah kerajaan se-nusantara tiba di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (16/2/2023) untuk menghadiri prosesi Jumenengan PB XIII.

PromosiMi Instan Witan Sulaeman

Kedatangan para tamu dari kerajaan-kerajaan se-nusantara tersebut menambah suasana Keraton Solo lebih meriah, mereka hadir dengan pakaian khas dan atraksi adat.

Seperti kedatangan tamu dari Kerajan Kepaksian Pernong Sekala Brak, Lampung menampilkan prosesi adat Aban Gemisikh atau prosesi saat raja masuk kerajaan.

Acara Jumenengan atau peringatan naik tahta PB XIII tak hanya dihadiri dari kerajaan di Jawa, kerajaan dari luar Jawa turut hadir diantaranya Lampung, Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, serta Bali.

Hajad Dalem Tingalan Jumenengan ke-19 Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Bowono (PB) XIII tersebut diperkirakan dihadiri 3.000 lebih tamu dan akan dimeriahkan dengan Kirab Agung.

 

Rombongan dari Kerajaan Kepaksian Pernong Sekala Brak Lampung memasuki Keraton Solo untuk mengahdiri Jumenengan PB XIII, Kamis (16/2/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

 

Sejumlah tamu undangan mengenakan pakaian adat saat menghadiri acara Jumenengan PB XIII di Keraton Solo, Kamis (16/2/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

 

Prajurit dari Kerajaan Kepaksian Pernong Sekala Brak berbari di depan Kori Kamandungan, Keraton Solo, Kamis (16/2/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi