Solopos.com, SURABAYA — Sejumlah personel TNI Angkatan Laut (AL) mengikuti apel gelar pasukan Latihan Armada Jaya XLI di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/6/2023).

PromosiTragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kegiatan yang melibatkan ribuan personel tahap Manuver Lapangan itu untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan-staf komando gabungan TNI dan komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM), meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL, kesiapan operasional dan keterpaduan komponen SSAT serta menguji doktrin operasi gabungan TNI.

Puncak Latihan Armada Jaya XLI akan dilaksanakan pada tanggal 28 hingga 30 Juni 2023 di Perairan Laut Jawa, Perairan Laut Bali dan Perairan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, dan pada tanggal 1 Juli 2023, pasukan dari Batalyon Marinir akan melaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Banongan Jawa Timur.

Latihan yang melibatkan total 5.900 prajurit, 21 KRI dari berbagai jenis, 10 unit pesawat udara, 39 unit Ranpur, 40 unit Rantis, dan 20 unit Alpung Marinir ini sekaligus sebagai persiapan prajurit dan alutsista untuk menyambut latihan puncak yaitu Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2023.

 

Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto (kedua dari kiri) didampingi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono (kiri) menginspeksi pasukan saat apel gelar pasukan Latihan Armada Jaya XLI di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/6/2023). (Antara/Didik Suhartono)

 

Kegiatan yang melibatkan 1.916 personel tahap Geladi Posko dan 5.900 personel tahap Manuver Lapangan itu untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan-staf komando gabungan TNI dan komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM), meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL. (Antara/Didik Suhartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi