Solopos.com, PROBOLINGGO — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa bersama warga naik kapal saat prosesi ritual Petik Laut di Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023).

PromosiIsra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Tradisi turun temurun yang digelar setahun sekali itu merupakan warisan budaya leluhur sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang melimpah juga berharap kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para nelayan diberikan keselamatan dan kemudahan rejeki.

Dalam tradisi ini, ribuan warga melarung sesaji yang dibentuk sebuah kapal berisi aneka macam makanan dan hasil bumi ke tengah laut dan diiringi ratusan kapal nelayan yang telah dihias.

Warga menurunkan kapal berisi hasil bumi ke laut saat prosesi ritual Petik Laut di Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023). (Antara/Muhammad Mada)

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyapa nelayan saat menghadiri prosesi ritual Petik Laut di Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023). (Antara/Muhammad Mada)

 

Foto udara sejumlah perahu nelayan bersiap mengikuti ritual Petik Laut di Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023). (Antara/Muhammad Mada)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi