Solopos.com, WONOGIRI — Kepedulian terhadap sesama di Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri tak surut dan mati, meski penularan Covid-19 terkendali. Sebaliknya, rasa cinta kasih itu semakin subur lantaran terus dipupuk.

PromosiOngen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Semangat berbagi itu ditunjukkan dari terus berjalannya kegiatan berbagi jenis bahan makanan kepada warga kurang mampu. Kegiatan sosial yang dijalankan ibu-ibu PKK tersebut menyiapkan berbagai jenis sayuran mentah untuk warga yang membutuhkan, setiap Jumat.

 

Ibu-ibu mengemas bahan sayuran yang akan diletakkan di rak Sedekah Jumat Berkah di Desa Miri, Kismantoro, Wonogiri. (Istimewa/Nyanyik Winarsih)

 

Sejumlah warga Desa Miri, Kismantoro, Wonogiri mengambil bahan makanan yang disediakan secara gratis disudut kampung sebagai bentuk berbagi program Sedekah Jumat Berkah di desa setempat. (Istimewa/Nyanyik Winarsih)

Kegiatan diberi nama Sedekah Jumat Berkah dengan tagline atau semboyan, Taruh Semampumu, Ambil Gratis Seperlumu. Kegiatan seperti itu digalakkan karena di Kecamatan Kismantoro merupakan salah satu kantong kemiskinan di Kabupaten Wonogiri.

Lokasi pengumpulan dan pengambilan sedekah di Desa Miri ada 11 pos yang tersebar di lima dusun. Ada dusun yang terdapat dua pos, ada pula yang tiga pos. Pos dipilih di lokasi strategis dan mudah dijangkau warga, yakni di sudut persimpangan dusun yang sering dilewati warga. Setiap pos terdapat tempat khusus untuk mencontolkan plastik berisi sedekah. Ada juga pos yang memanfaatkan pos keamanan lingkungan (poskamling). Di lokasi itu sedekah diletakkan secara lesehan.

 

Warga menata bahan makanan yang diletakkan di rak Sedekah Jumat Berkah di Desa Miri, Kismantoro, Wonogiri. (Istimewa/Nyanyik Winarsih)

 

Pengurus PKK mendata dan mengumpulkan bahan makanan sumbangan warga untuk program Sedekah Jumat Berkah di Desa Miri, Kismantoro, Wonogiri. (Istimewa/Nyanyik Winarsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi