Solopos.com, FLORES TIMUR — Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi dengan mengeluarkan lava pijar dan abu vulkanik yang teramati dari Desa Pululera di Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT, Rabu (10/1/2024).

PromosiPemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung api Lewotobi Laki-laki dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas) pada Selasa (9/1/2024) pukul 23:00 WITA.

Peningkatan status menjadi awas tersebut berdasar aktivitas erupsi yang semakin tinggi, suara gemuruh dan dentuman sangat tinggi, serta mulai terlihat besarnya erupsi.

Akibat erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-laki ini, warga yang tinggal di Desa Dulipali di Kecamatan Ile Bura mengungsi ke desa yang lebih aman.

Gunung Lewotobi Laki-laki mengeluarkan material vulkanik yang teramati dari Desa Pululera di Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT, Rabu (10/1/2024). (Antara/Mega Tokan)

 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung api Lewotobi Laki-laki dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas) pada Selasa (9/1/2024) pukul 23:00 WITA. (Antara/Mega Tokan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi