Solopos.com, SURABAYA — Komunitas pemerhati sejarah Rooderburg dan Surabaya juang menggelar teatrikal Proklamasi Kemerdekaan Polisi Indonesia di Gedung Polisi Istimewa Surabaya, Senin (21/8/2023).

PromosiOngen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Teatrikal tersebut menggambarkan perebutan markas polisi yang saat itu diduduki oleh Jepang pasca pengumuman Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mulai dari penggantian bendera Matahari Terbit milik Jepang ke Merah Putih hingga pembacaan teks Proklamasi Polri yang dilanjut dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Teatrikal itu digelar bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang nilai-nilai sejarah perjuangan para pejuang dalam Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya di lokasi yang dulu menjadi markas Polisi Istimewa.

Adegan saat teatrikal Proklamasi Polisi Republik Indonesia di depan Gedung Polisi Isimewa, Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/8/2023). (Antara/Didik Suhartono)

 

Teatrikal itu digelar bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang nilai-nilai sejarah perjuangan para pejuang dalam Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya di lokasi yang dulu menjadi markas Polisi Istimewa. (Antara/Didik Suhartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi