Solopos.com, BATAM — Personel TNI Angkatan Laut menyambut kedatangan kapal perang INS Kavaratti milik India saat berlabuh di Dermaga Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (14/5/2023).

PromosiVonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kapal perang India tersebut singgah di Batam hingga Rabu (17/5/2023) dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Samudra Shakti-23.

Latihan Bersama antara TNI AL dengan Angkatan Laut India bersandi Samudra Shakti digelar secara rutin setiap tahun. Pada tahun 2023 ini latihan TNI AL mengerahkan KRI Sultan Iskandar Muda-367, satu heli Panther dan satu Pesawat Patroli Maritim TNI AL.

Sementara, Angkatan Laut India mengerahkan INS Kavaratti P31 yang merupakan kapal Kavaratti dengan kemampuan anti kapal selam, yang memiliki persenjataan meriam utama OTO Melara 76 mm, meriam AK-630M, RBU-6000 dan peluncur torpedo, serta heli Chetak AKS onboard di INS Kavaratti dan pesawat patrol maritim Dornier.

Latihan Samudra Shakti-23 bertujuan membangun hubungan kerjasama pertahanan khususnya bidang keamanan maritim dan diplomasi antara TNI Angkatan Laut dan Indian Navy (IN).

 

Kapal perang INS Kavaratti milik India bersandar di Dermaga Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (14/5/2023). (Antara/Teguh Prihatna)

 

TNI AL dan Indian Navy (IN) menggelar Latihan Bersama (Latma) bersandi Samudra Shakti-23. (Antara/Teguh Prihatna)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi