Solopos.com, YOGYAKARTA –– Sejumlah Abdi Dalem Keraton Yogyakarta membagikan gunungan saat Grebeg Besar di Masjid Kauman, Yogyakarta, Selasa (18/6/2024).

PromosiMudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Tradisi Grebeg Besar Keraton Yogyakarta merupakan rangkaian perayaan Iduladha 1445 H sebagai simbol sedekah raja kepada rakyatnya sekaligus wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Hajad Dalem Garebeg Besar dimulai dengan iring-iringan bregada prajurit Keraton Yogyakarta yang mengawal delapan gunungan berjalan masuk ke dalam Masjid Gedhe. Setelahnya gunungan berbagai jenis itu kemudian didoakan dan dibagikan ke masyarakat di Pelataran Masjid Gedhe dan Pura Pakualaman.

Abdi Dalem Keraton Yogyakarta membawa gunungan saat Grebeg Besar di Masjid Kauman, Yogyakarta, Selasa (18/6/2024). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

 

Sejumlah prajurit Keraton Yogyakarta mengikuti kirab saat Grebeg Besar di Masjid Kauman, Yogyakarta, Selasa (18/6/2024). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi