Solopos.com, KLATEN—Suasana bangunan kuno sangat terasa di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Klaten. Kantor di Jl. Lombok, No. 2, Kampung Kanjengan, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, menyimpan berbagai peninggalan bangunan kuno, seperti sendang yang konon menjadi tempat mandi raja dan terowongan.

PromosiMali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Lokasi sendang berada pada kedalaman sekitar 3 meter dari lantai bangunan perkantoran.  Sendang berukuran sekitar 1 meter x 2,5 meter. Air sendang bening dan tak pernah meluap. Airnya pun tak pernah habis meski berulang kali dikuras.

 

kantor arpus klaten
Bangunan Kantor Dinas Arpus Klaten. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Pengunjung perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten berada di lantai ruang baca perpustakaan yang merupakan bangunan kuno, Senin (15/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Bersebelahan dengan sendang, ada terowongan kuno yang terhubung dengan alur sungai di depan Kantor Dinas Arpus dengan panjang sekitar 50 meter. Belum diketahui pasti ukuran terowongan.

Bangunan kuno yang masih tersisa di kompleks Dinas Arpus Klaten hingga kini masih dipertahankan meski belum lama ini ada proyek pembangunan di kantor tersebut. Sebelum proyek bergulir, Dinas Arpus berkoordinasi dengan pengelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

 

sendang kuno arpus klaten
Sendang kuno ada di tengah bangunan kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten. Hingga kini bangunan kuno itu masih dipertahankan. Foto diambil Senin (15/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

kantor arpus klaten
Pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten menunjukkan terowongan kuno yang diperkirakan menjadi tempat pembuangan air sendang. Foto diambil Senin (15/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi