Solopos.com, SOLO — Petugas Museum dan Cagar Budaya (MCB) melakukan konservasi arca berbahan logam perunggu koleksi Museum Radya Pustaka, Solo, Selasa (21/11/2023).

PromosiMoncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Perawatan yang dilakukan oleh petugas Museum Radya Pustaka bekerja sama dengan petugas Museum dan Cagar Budaya (MCB) melakukan perawatan sekitar 13 arca berbahan logam perunggu dengan menggunakan dua bahan.

Bahan ramah lingkungan yang digunakan seperti soda kue yang dicampurkan dengan jeruk nipis sehingga menjadi pasta dan bahan kimia alkali gliserol yang dioleskan ke arca untuk mengangkat korosi yang menempel pada arca.

Konservasi arca tersebut dilakukan untuk mencegah kerusakan pada benda-benda peninggalan sejarah.

Museum dan Cagar Budaya (MCB) merupakan lembaga di bawah naungan Kemendikbud yang saat ini tanggung jawab atas 18 museum dan galeri, serta 34 situs cagar budaya nasional di Indonesia.

Tim dari Museum dan Cagar Budaya membersihkan arca berbahan logam koleksi Museum Radya Pustaka, Solo, Selasa (21/11/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Konservasi arca tersebut dilakukan untuk mencegah kerusakan pada benda-benda peninggalan sejarah. (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Petugas membuat bahan ramah lingkungan untuk membersihkan arca koleksi Museum Radya Pustaka Solo, Selasa (21/11/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi