Solopos.com, PROBOLINGGO — Ratusan seniman ikut memeriahkan pagelaran Eksotika Bromo bertema Ruwat Rawat Segoro Gunung yang digelar di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022).

PromosiKisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Sejumlah tarian, musik dan peragaan busana batik ditampilkan pada pertunjukan tersebut dengan tujuan melestarikan budaya dan mengangkat potensi wisata  di Gunung Bromo dan budaya warga Tengger.

 

Penari mementaskan tari kotemporer pada pegelaran Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022). (Antara/Zabur Karuru)

 

Kelompok musik Keramat Percussion menampilkan endaraan hias pada pegelaran Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022). (Antara/Zabur Karuru)

 

Baca Juga: Mau ke Gunung Bromo, Damri Buka Rute, dan Segini Tarifnya

Kegiatan rutin jelang Yadnya Kasada warga Tengger itu dimeriahkan oleh sekitar 700 orang personel terdiri atas penari profesional, penyanyi, musisi serta sastrawan.

Eksotika Bromo diharapkan bisa menjadi agenda rutin setiap menjelang Yadnya Kasada warga Suku Tengger, sehingga tidak hanya pariwisata saja yang dieksplorasi, tetapi kesenian dan budaya juga menjadi modal ekonomi kreatif warga Tengger.

 

Penari mementaskan kesenian Reog pada pegelaran Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022). (Antara/Zabur Karuru)

 

Model memperagakan busana Gebyar Batik Pamekasan pada pegelaran Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022). (Antara/Zabur Karuru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi