Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Kenep, Sukoharjo merupakan sentra produksi jenang dengan rasa khas. Usaha produksi penganan manis olahan tepung ketan, gula pasir, dan santan kelapa telah lebih dari 30 tahun berdiri.

PromosiMimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Pemasaran jenang Kenep biasanya dilakukan ke sejumlah pasar tradisional seperti Tawangsari, Pasar Nguter, dan Ngadirojo. Selain itu jenang juga ditawarkan melalui sosial media seperti Instagram dan Whatsapp. Jenang Kenep menjadi hidangan saat hajatan dan oleh-oleh khas Sukoharjo dengan harga mulai Rp8.000 hingga Rp30.000 per kotak, dengan omset kotor berkisar Rp30 juta hingga Rp40 juta per bulan.

 

Pengrajin jenang menyiapkan daun pisang untuk cetakan di rumah produksi jenang Ibu Murdiyatni di Kenep, SUkoharjo, Selasa (19/7/2022). (Solopos/Tiara Surya Madani)

 

Pekerja memasukkan jenang yang telah selesai dimasak ke dalam cetakan di sentra jenang Kenep, Sukoharjo, Selasa (19/7/2022). (Solopos/Tiara Surya Madani)

 

Pekerja menyiapkan kelapa sebagai bahan pembuatan jenang di Kenep, Sukoharjo, Selasa (19/7/2022). (Solopos/Tiara Surya Madani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi