Solopos.com, BANTUL — Diorama Kearsipan bertempat di Grhatama Pustaka, Bantul, DI Yogyakarta memberikan penjelasan tentang sejarah DIY secara runtut.

PromosiBanjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Diorama Kearsipan menampilkan berbagai era perjalanan sejarah DIY, seperti Yogyakarta sebagai Kota Revolusi, Kota Pendidikan, awal tata pemerintahan Yogyakarta, serta keistimewaan Yogyakarta.

 

Pengunjung melihat koleksi arsip di Diorama Arsip, Grhatama Pustaka, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (28/2/2022). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

 

Baca Juga: Wow, Kunjungan Warga Sragen ke Pameran Kearsipan Virtual Masuk 5 Besar di Jateng

Diorama dikemas dengan memadukan seni dan teknologi berdasarkan arsip sejarah dari Keraton Yogyakarta dan Arsip Nasional. Teknologi terkini juga diaplikasikan dalam Diorama Kearsipan, seperti teknologi hologram yang bersifat interaktif serta teknologi Augmented Reality.

Diorama tersebut mengisahkan tentang sejarah berdirinya Yogyakarta selama kurang lebih 430 tahun dari masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan DIY.

 

Diorama kearsipan yang berisi rentetan peristiwa terbentuknya Daerah Istimewa Yogyakarta dari masa ke masa. (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

 

Diorama arsip itu dikemas dengan memadukan seni dan teknologi berdasarkan arsip sejarah dari Keraton Yogyakarta dan Arsip Nasional. (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi