Solopos.com, JEPARA — Warga mengarak gunungan dan membawa memeden atau orang-orangan sawah saat mengikuti Festival Memeden Gadhu di Desa Kepuk, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah, Senin (20/5/2024).

PromosiEra Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Festival Memeden Gadhu atau orang-orangan sawah yang melibatkan petani tersebut bertujuan menjaga keseimbangan alam serta menghidupkan kembali cara-cara mengusir hama tanaman padi terutama burung dengan memeden dan tidak menggunakan pestisida.

Festival ini sekaligus sebagai tradisi sedekah bumi untuk mengawali musim tanam. Acara juga dimeriahkan berbagai kesenian, atraksi budaya, perlombaan, hingga kirab gunungan hasil bumi.

Warga memikul gunungan hasil bumi saat mengikuti Festival Memeden Gadhu di Desa Kepuk, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah, Senin (20/5/2024). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Festival memeden gadhu atau orang-orangan sawah tersebut bertujuan menghidupkan kembali cara-cara mengusir hama tanaman padi terutama burung dengan memeden dan tidak menggunakan pestisida. (Antara/Yusuf Nugroho)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi