Solopos.com, SOLO — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar upacara Jamasan Meriam Nyai Setomi di Bangsal Witono, Sitihinggil Lor, Kamis (13/6/2024).

PromosiAntara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Tradisi jamasan pusaka keraton yang rutin digelar menjelang Iduladha tersebut menjadi salah satu rangkaian menyambut Hajad Dalem Grebeg Besar yang akan digelar pada Selasa, 18 Juni 2024.

Jamasan yang diikuti puluhan abdi dalem tersebut diawali dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timoer Rumbai.

Pusaka Meriam Nyai Setomi merupakan peninggalan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo. Meriam ini merupakan pasangan Meriam Kanjeng Kyai Setomo yang saat ini dipajang di Museum Fatahillah, Jakarta.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timoer Rumbai memimpin doa saat Jamasan Meriam Nyai Setomi di Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (13/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Abdi Dalem Keraton Solo membersihkan kaca saat Jamasan Meriam Nyai Setomi di Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (13/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi