Solopos.com, SOLO — Sejumlah abdi dalem terlihat sibuk menyiapkan gamelan serta menghias Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Senin (5/2/2024).

PromosiTimnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Keraton Solo menggelar beberapa persiapan untuk Jumenengan Dalem (peringatan ulang tahun naik tahta) ke-20 Sampeyan Ndalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono (PB) XIII yang digelar pada Selasa, 6 Februari 2024.

Persiapan tersebut antara lain Jamasan Gong Kyai Sekar Delima yang merupakan gong yang dibuat pada masa pemerintahan Paku Buwono XII yang hanya dipakai sekali dalam setahun yakni pada acara Wiyosan Jumenengan untuk mengiringi Tari Bedhaya Ketawang.

Selain itu beberapa Abdi Dalem juga membersihkan area halaman Sasana Sewaka dan pemasangan janur di Kori Kamandungan Keraton Solo.

Abdi dalem memasang janur di Kori Kamandungan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Senin (5/2/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Abdi dalem membersihkan area halaman Sasana Sewaka Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Senin (5/2/2024).  (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi